7 Hal Ini Membuat Karyawan Anda Loyal pada Perusahaan

foto: inc

Karyawan adalah aset penting perusahaan. Manajemen sumber daya manusia yang baik akan membuat karyawan menunjukan kemampuan terbaiknya dalam pekerjaan. Hal ini tentu sangat menguntungkan guna mencapai tujuan perusahaan. Dibawah ini adalah hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan : 

1. Berikan Kontribusi dan reward 

Banyak orang sering melupakan pentingnya pujian, atau motivasi dari pimpinan. Semua orang suka pujian memberikan motivasi orang yang suka bekerja keras akan memberikan efek luar biasa, contohnya : karyawan akan memberikan segalanya dalam pekerjaan. Manager perlu berkomunikasi dengan karyawan mereka untuk mengetahui hal apa yang membuat mereka merasa baik (untuk beberapa, kenaikan gaji; untuk yang lain, pengakuan publik) dan kemudian diberikan untuk mereka yang bekerja dengan baik. Dengan manager yang baik, hal ini akan sering terjadi jika Anda bekerja dengan benar.

2. Hargai komitmen

Membuat komitmen atau janji agar orang merasa dapat diandalkan. Disaat seorang leader menjunjung komitmen, dimata karyawan akan tumbuh kepercayaan karena membuktikan diri sendiri bahwa anda orang yang terhormat dan dapat dipercaya. Ini adalah kualitas yang sangat penting bagi seorang pimpinan. Tetapi ketika Anda – sebagai bos- mengabaikan komitmen Anda, Anda terlihat tidak peduli, dan tidak sopan. Kesimpulannya, jika seorang bos tidak menghargai komitmennya sendiri, mengapa orang lain harus?

3. Perdulikan karyawan

Lebih dari 75% karyawan mengundurkan diri karena hubungan yang baik dengan pimpinannya. Perusaan besar tau cara membuat manager menyeimbangkan hidupnya dengan orang lain. Bos yang gagal untuk peduli akan selalu punya tingkat turnover yang tinggi. Berempati dalam masa-masa sulit karyawan, memberian challenge yang menarik adalah beberapa contoh hal yang bisa dilakukan.

4. Pekerjakan dan promosikan orang yang tepat

Pekerja lebih suka bekerja dengan orang yang berpikiran serupa dengannya (professional). Menempatkan karyawan pada pekerjaan yang salah akan menjadi penghambat karyawan lainnya. Lebih buruk lagi jika mempromosikan orang yang tidak tepat, dengan hal ini karyawan yang memiliki kinerja yang baik akan tersinggung dan ini sangat tidak baik bagi pertumbuhan perusahaan. 

5. Biarkan karyawan mengejar impiannya

Kembangkan karyawan yang berbakat, ciri paling umum dari karyawan yang berbakat adalah berambisi. Sediakan kesempatan bagi mereka untuk mengejar passion untuk meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas. Jangan biarkan karyawan bekerja dalam garis nyaman, karena ini adalah salah satu hal yang membuat mereka tidak berkembang. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mampu mengejar passion dalam pengalaman kerja, lima kali lebih produktif dari umumnya. 

6. Tantang karyawan secara intelektual 

Bos yang hebat akan menantang karyawan mereka untuk menyelesaikan beberapa hal yang terlihat tak terbayangkan pada awalnya. Menetapkan tujuan yang mendorong orang keluar dari zona nyamannya. Ketika orang-orang berbakat dan cerdas menyadari hal yang dilakukannya terlalu mudah atau membosankan, mereka mencari pekerjaan lain yang akan menantang kecerdasan mereka.

7. Gunakan kreatifitas karyawan

Karyawan berbakat akan terus meningkatkan apa pun yang dilakukannya, jika anda mengambil kemampuan mereka untuk mengubah atau memperbaiki hal-hal yang datar, hal ini membuat mereka tidak menyukai pekerjaannya. Membatasi keinginan hanya membatasi mereka, tapi juga Anda. Menggunakan kreatifitas pada hal yang bermanfaat bagi perusahaan akan membuat karyawan merasa dihargai dan mereka akan semakin mengeksplor kemampuan mereka dalam pekerjaan. 

Karyawan adalah faktor berkembangnya perusahaan. Perdulikan mereka maka mereka akan memperdulikan perusahaan. Jadikan perusahaan seperti sebuah rumah, buat semua orang didalamnya sebuah keluarga. Keluarga tidak akan saling menjatuhkan justru saling bahu membahu membangun masa depan. 

Mas Ji
Mas Ji

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.